20 Berita tentang STMIK PRINGSEWU

1. STMIK PRINGSEWU GELAR POSDIKTI 2017 GELOMBANG 1
Written by admin | August 11, 2017 | 0
DSC_0104

STMIK PRINGSEWU – Jum’at, (11/8) merupakan hari bersejarah bagi semua calon mahasiswa baru, karena hari ini merupakan hari dimulainya acara Program Orientasi Studi Pendidikan Tinggi (POSDIKTI) 2017 gelombang 1 untuk STMIK Pringsewu yang ada di Yayasan Pendidikan Startech. Tepat pada pukul 08.00 WIB dimulainya upacara pembukaan POSDIKTI. Calon mahasiswa-mahasiswi STMIK Pringsewu mengikuti acara Program Orientasi Studi Pendidikan Tinggi (POSDIKTI) 2017 gelombang 1 di kampus Jalan Wisma Rini No. 09 Pringsewu.
Acara Program Orientasi Studi Pendidikan Tinggi (POSDIKTI) 2017 gelombang 1 dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Nur Aminudin, M.T.I mewakili Ketua STMIK Pringsewu, Hj. Rita Irviani, M.M.
DSC_0101
Dalam sambutannya Nur Aminudin mengatakan, POSDIKTI STMIK Pringsewu merupakan kelengkapan non-struktural pada kampus, posdikti berfungsi sebagai orientasi bagi mahasiswa baru untuk memasuki dunia perguruan tinggi yang berbeda dengan belajar di sekolah lanjutan, Mahasiswa baru dapat berkomunikasi dengan civitas akademika, bertujuan membekali mahasiswa baru agar mengenal dan mengetahui lingkungan pembelajaran di perguruan tinggi serta memahami proses penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yakni proses menyeluruh yang menyangkut studi, peraturan-peraturan dalam menempuh studi, serta berorganisasi dan berinteraksi dengan lingkungan.
Dengan demikian POSDIKTI merupakan salah satu upaya untuk membekali mahasiswa baru sebelum menempuh proses perkuliahan. POSDIKTI mempunyai peran yang sangat penting bagi penyiapan proses perkuliahan yang sesungguhnya di pendidikan tinggi, Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mulai memahami, menghayati dan mengamalkan aturan-aturan yang berlaku di kampus. Posdikti adalah kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru untuk memperkenalkan tentang kurikulum pendidikan di Kampus STMIK Pringsewu, serta mengenal lebih dekat para dosen, serta antar mahasiswa baru serta organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus.
DSC_0103
Posdikti ditandai dengan penyematan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru STMIK Pringsewu oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Elisabeth Anggraeni, M.T.I.
Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I (E. Yunaeti A, M.T.I), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Kaprodi S-1 (Tri Susilowati, M.T.I), Kaprodi D-3 (Oktafianto, M.T.I), Ketua KPU Kabupaten Pringsewu (A. Andoyo, M.T.I)bapak/ibu dosen STMIK Pringsewu.

2.PERKENALAN DENGAN APARATUR DAN MASYARAKAT PEKON SUKOYOSO
Written by admin | July 26, 2017 | 0
20170726_214321

SUKOHARJO – Rabu (26/7), Kelompok KKN Mahasiswa STMIK Pringsewu Pekon Sukoyoso mengadakan pertemuan dengan perangkat pekon dan pemuda pekon Sukoyoso. Pertemuan ini dilaksanakan pada malam hari setelah shalat Isya’ pukul 20.00 WIB di Balai Pekon Setempat. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Pekon, Badan Hippun Pemekonan, ketua pemuda/karang taruna serta masyarakat pekon Sukoyoso. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa-mahasiswa kkn STMIK Pringsewu yang berada di Pekon Sukoyoso dengan perangkat dan masyarakat Pekon Sukoyoso sekaligus serah terima kepada Kepala Pekon Sukoyoso.
Pertemuan ini pertama dibuka oleh ketua kelompok KKN STMIK Pringsewu Pekon Sukoyoso Imam Samsudin dengan menyampaikan tujuan diadakan KKN STMIK Pringsewu yaitu mengimplementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.
Imam Samsudin menegaskan, akan membangun Sistem Informasi Pekon yang merupakan sebuah bangunan yang menghubungkan antar fungsi pengelolaan data dan informasi secara utuh di lingkup pekon. Fungsi-fungsi ini berada melebur dalam peran dan lembaga yang aktif di pekon. Aplikasi
perangkat lunak SIP adalah salah satu bagian dari bangunan besar SIP tersebut, ucapnya.
Sementara Dosen Pendamping Lapangan Nur Aminudi, M.T.I menyampaikan, agar para mahasiswa peserta KKN STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso dapat mengintegrasikan diri meleburkan diri ke dalam berbagai kegiatan masyarakat sehingga dapat diterima dan berperan-serta dalam berbagai kegiatan masyarakat pekon Sukoyoso. Dengan adanya pelibatan (partisipasi) masyarakat dalam perencanaan, akan dapat mengidentifikasi berbagai ekspektasi, kebutuhan dan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat, sehingga dapat disusun action plan yang lebih tepat dan realistis. Semakin banyak masyarakat yang dilibatkan tentunya akan semakin baik. Di samping itu, keterlibatan masyarakat dalam perencanaan dapat membawa efek psikologis kepada mereka untuk sama-sama memikul tanggung jawab dalam mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat.
Kegagalan dalam melakukan pendekatan sosial dapat berdampak terhadap kegagalan penyelenggaraan KKN STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso itu sendiri. Sebagus apapun program yang dirancang, jika tanpa didukung pendekatan sosial yang memadai tampaknya hanya akan menghasilkan kesia-sian saja. Oleh karena itu, betapa pentingnya penguasaan tentang pendekatan sosial dari setiap mahasiswa KKN STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso.
Pada momen yang bahagia ini, Nur Aminudin, M.T.I sekaligus menyerahkan KKN Mahasiswa STMIK Pringsewu kepada Kepala Pekon Sukoyoso yang disambut baik sehingga nantinya benar-benar dapat mengimplementasikan apa yang menjadi tujuan KKN Mahasiswa STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso ini, ucap kepala Pekon Sukoyoso (Muhaimin).
Setelah acara sambutan Kepala Pekon Sukoyoso (Muhaimin), dilanjutkan dengan memperkenalkan KKN Mahasiswa STMIK Pringsewu kepada masayarakat pekon Sukoyoso, mulai dari nama, jurusan dan asal pekon, begitu pula sebaliknya aparatur Pekon juga memperkenalkan diri.

3.BUPATI LEPAS MAHASISWA STMIK & STIT PRINGSEWU
Written by admin | July 26, 2017 | 0
bapak-sujadi

STMIK PRINGSEWU – Bupati Pringsewu Hi.Sujadi melepas mahasiswa STMIK dan STIT Pringsewu yang akan melaksanakan KKN di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Prosesi pelepasan berlangsung di pendopo Pemkab Pringsewu, Rabu (26/7).
Mahasiswa kedua sekolah tinggi yang akan melaksanakan KKN selama 40 hari kedepan, seluruhnya berjumlah 304 mahasiswa STMIK, serta 29 mahasiswa STIT. Mereka akan disebar di 33 pekon atau desa di 8 kecamatan, dari 9 kecamatan yang ada di Pringsewu.
Bupati Pringsewu Hi. Sujadi dalam sambutannya berharap para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dapat melaksanakan tugas dan pembelajaran dengan baik, sekaligus dapat turut membantu dan menunjang pembangunan di masing-masing pekon yang menjadi sasaran. “Adik-adik mahasiswa nanti dapat belajar banyak dari pengalaman selama terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, beliau juga mengingatkan agar para mahasiswa berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, termasuk dalam menerima dan menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya serta berita-berita palsu (hoax)”, ucapnya.
Dalam sambutannya, ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani Fauzi mengatakan, Kegiatan KKN di STMIK dan STIT Pringsewu adalah salah satu program wajib dalam setiap tahun akademik bagi mahasiswa, sebelum masa purna mereka mengikuti kegiatan akademik dan dinyatakan lulus sebagai sarjana (S-1). Di antara keragaman implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya, mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) oleh institusi dan civitas akademika STMIK dan STIT Pringsewu ini, saya kira, kegiatan pengabdian masyarakat seperti KKN ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan hubungan antara kampus dan masyarakat. Oleh karena itu, sangat besar harapan saya kepada berbagai pihak yang berkompeten untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN STMIK dan STIT Pringsewu ini sehingga benar-benar menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa kami. Khususnya kepada Bapak Camat beserta Bapak dan Ibu Lurah dan Kepala Pekon yang wilayahnya menjadi lokasi mahasiswa KKN STMIK dan STIT Pringsewu. Arahan dan bimbingan dari Bapak dan Ibu sekalian kepada para mahasiswa kami sangat kami harapkan.
Kepada peserta KKN STMIK dan STIT Pringsewu saya pesankan agar benar-benar melaksanakan tugas pengabdian masyarakatnya dalam kegiatan KKN ini. Tunjukkan bahwa sebagai mahasiswa di daerah, anda semua benar-benar mampu memberikan yang terbaik bagi daerah anda yang tercinta ini, saya atas nama seluruh komponen civitas akademika mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu yang memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan KKN STMIK dan STIT Pringsewu. (*na)

4.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU GELAR BUTARSABU 1438 H
Written by admin | June 17, 2017 | 0
santunan

STMIK PRINGSEWU – Sabtu (17/6), Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur an. Momen tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Mahasiswa STMIK Pringsewu menggelar acara Buka, Tarawih, Sahur dan Sholat Subuh Berjama’ah (Butarsabu).
Kegiatan Buka, Tarawih, Sahur dan Sholat Subuh Berjama’ah (Butarsabu) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu sudah menjadi agenda tahunan Mahasiswa STMIK Pringsewu. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kampus STMIK Pringsewu, ucap Rahmat Hidayat (Ketua Panitia).
Kegiatan butarsabu tersebut di hadiri Ketua STMIK Pringsewu (Hj. Rita Irviani, M.M), Wakil Ketua I (E. Yunaeti A, M.T.I), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Ketua LPPM (M. Muslihudin, M.T.I), Ka. Perpustakaan (Dra. Tri Yuli Astuti), Ka. SDM (Dedi Irawan, M.E.Sy), Kaprodi Sistem Informasi (Tri Susilowati, M.T.I), Kaprodi Manajemen Informatika (Oktafianto, M.T.I), Bapak/Ibu Dosen STMIK, 200 mahasiswa STMIK Pringsewu, santri pondok pesantren Baitul Qur’an, anak-anak panti asuhan, serta undangan.
Kegiatan butarsabu tersebut dibuka oleh Wakil Ketua III STMIK Pringsewu (Nur Aminudin, M.T.I) Bidang Kemahasiswaan. Dalam Sambutannya beliau mengatakan, kegiatan ini sebagai momen untuk muhasabah, menyambung tali silaturahmi, karena perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim.

5.SEMINAR HAKI (HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL)
Written by admin | May 31, 2017 |

STMIK PRINGSEWU – Rabu (31/5) beberapa dosen dari STMIK Pringsewu, STIT Pringsewu, STIT Multazam, STIE Lampung Timur, ikut dalam seminar Internal yang mengambil tema tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang bertempat di Auditorium lantai II STMIK Pringsewu dengan nara sumber Sri Yuliani, S.H., M.H Kepala bidang pelayanan hukum kantor wilayah kementrian Hukum dan Hak Asasai Manusia (KEMENKUMHAM) Lampung.
DSC_0026_31517
Tema tentang HAKI memang sedang “in” sekarang ini, khususnya di kampus-kampus, dimana para dosen sebagai pendidik diwajibkan sebagai contoh bagi anak didiknya untuk bisa menghargai karya, ide, ciptaan orang lain, sehingga dimasa depan tingkat kejahatan plagiarism khususnya menjadi semakin minim.
Dalam seminar tersebut, Sri Yuliani menjelaskan tentang pengenalan dan Manfaat kekayaan intelektual dan pendaftaran intelektual secara elektronik.
Program aksi dari Kemenhumkam tentang kekayaan Intelektual yang dilaksanakan adalah pembentukan sentra KI, untuk di Lampung baru ada di UNILA, dan berharap STMIK Pringsewu bisa dirintis untuk menjadi sentra KI. Kata Sri Yuliani.(*na)

6.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU SAMBANGI SKH KEDAULATAN RAKYAT
Written by admin | September 11, 2017 | 0
SKH-1

Yogyakarta – Senin (11/9), mahasiswa STMIK Pringsewu mengadakan kunjungan media ke harian Kedaulatan Rakyat. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mendapat pengetahuan dari redaksi Kedaulatan Rakyat serta mengetahui proses penerbitan koran di tempat ini dengan jumlah peserta 250 orang meliputi mahasiswa dan dosen pendamping.
SKH-3
Kedatangan mahasiswa STMIK Pringsewu disambut oleh Suci dilanjut Agus Suryana selaku perwakilan dosen pendamping. Agenda hari itu dimulai dengan pemberian materi singkat oleh Suci Kedaulatan Rakyat, mengenai sejarah Kedaulatan Rakyat dan proses penerbitan. Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu koran tertua di Indonesia. Harian ini berdiri pada tanggal 27 September 1945, artinya Kedaulatan Rakyat sudah seusia dengan negara ini. Pada masa itu, Kedaulatan Rakyat didirikan oleh H. Samawi dan H. Madikin sebagai alat penyambung lidah. Kedaulatan Rakyat merupakan koran lokal Yogyakarta, dan sampai saat ini tidak dijadikan koran nasional. Sebab isi berita dalam koran ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta.
Suci menyampaikan rasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa STMIK Pringsewu Lampung, karena sering juga mendapat kunjungan sejenis dari berbagai perguruan tinggi dan mengapresiasi mahasiswa untuk mengetahui media pers berupa surat kabar lokal dengan perkembangan historical skh sejak jaman orla sampai mantan menteri penerangan Harmoko orba sampai perkembangan terkini skh yang masuk urutan 7 surat kabar nasinal yang asli lahir dari masyarakat jogja.
SKH-2
Sementara Agus Suryana, M.T.I menyampaikan kunjungan mahasiswa merupakan sharing knowladge sejarah surat kabar tertua berdiri th 45 dan sharing proses manajemen surat serta sejarah perkembangan surat kabar tertua serta kunjungan ke percetakannya serta musium surat kabar dari jaman Soekarno dan Hatta serta kontribusi surat kabar lokal jawa yg menjadi corong suara rakyat jogyakarta yang mengaspirasikan suara dan hati rakyat, mahasiswa dituntut untuk peka terhadap isu-isu yang berkembang dimedia massa baik itu media cetak, elektronik maupun online, karena jika tidak maka akan ketinggalan banyak informasi dan tentunya untuk melatih softskill mahasiswa kami karena dewasa ini mahasiswa tidak hanya diberikan teori saja tetapi teori tersebut harus mampu diterapkan dan diaplikasikan oleh mereka sehingga harapannya nanti ketika mahasiswa lulus mereka sudah tidak canggung untuk terjun dalam dunia kerja.
SKH-4
Setelah diruang pertemuan selesai, untuk mengetahui langkah-langkah percetakan, mahasiswa STMIK Pringsewu diajak memasuki ruang penjilidan. Disana mahasiswa STMIK Pringsewu dipandu oleh Budi pembimbing SKH Kedaulatan Rakyat, di ruang penjilidan mahasiswa STMIK Pringsewu ditunjukkan bagaimana proses penjilidan. Proses penjilidan ada beberapa tahap diantaranya melipat, mengatur, memotong, dan menjahit kertas. Resiko tangan operator terpotong oleh mesin sangatlah kecil karena terdapat sensor. Sedangkan di ruang percetakan Budi menunjukkan mesin Goss Magnum seharga 30 milyar. Mesin ini mempunyai kemampuan daya cetak 60.000 ekslempar per jam. Mesin ini juga dapat dioperasikan lewat komputer, ucapnya. (*na)

7.STMIK PRINGSEWU – Sebanyak 250 mahasiswa STMIK Pringsewu melaksanakan kunjungan industry ke Jogja – Bandung yang akan dilaksanakan selama enam hari dari Minggu hingga Jum’at (10 – 15/9). 

Pelepasan tersebut oleh Wakil Ketua III (Bidang Kemahasiswaan) Nur Aminudin, M.T.I mewakili Ketua Yayasan Startech Pringsewu Lampung DR. H. Fauzi, S.E., M.Kom., AKt., CA. Sebelum acara pelepasan dimulai, diawali terlebih dahulu dengan membaca do’a yang di imami M. Muslihudin, M.T.I
Hadir dalam kesempatan tersebut Kaprodi Manajemen Informatika Oktafianto, M.T.I, Kaprodi Sistem Informasi Tri Susilowati, Ketua LPPM M. Muslihudin, M.T.I, Kepala Perpustakaan Dra. Tri Yuli Astuti serta bapak/ibu/staf karyawan STMIK Pringsewu.
Wakil Ketua III (Bidang Kemahasiswaan) STMIK Pringsewu Nur Aminudin, M.T.I dalam pelepasan kunjungan industri mengatakan kunjungan industri ini merupakan salah satu proses belajar, karena proses belajar bukan hanya di dalam kelas, namun belajar dengan menggali pengalaman orang lain juga merupakan proses belajar. Kegiatan Kunjungan Industri sangat berperan penting bagi perkembangan mahasiswa STMIK Pringsewu, terlebih bagi mereka para calon tenaga kerja yang handal dibidang komputer yang kelak terjun di masyarakat. Mahasiswa STMIK Pringsewu harus memiliki bekal ilmu secara matang dan wawasan yang bersifat praktis. Ilmu itu ibarat cahaya yang selalu bersama kita, sudah pasti kita lebih suka cahaya dibandingkan dengan kegelapan. Hanya orang yang mau tidur saja yang pergi ke ruang yang gelap. Akan tetapi orang yang berilmu dimensinya bercahaya. Hati dan akalnya tetap bercahaya itu yang menjadi harapan kita semua untuk seluruh mahasiswa STMIK Pringsewu. Perjalanan menuntut ilmu termasuk perjalanan ibadah, menuntut ilmu merupakan hal yang paling wajib yang dilakukan manusia untuk memperluas wawasan sehingga derajat kita pun bisa terangkat. Ambil ilmu dan hikmah serta makna dari kunjungan industri ini, bagaimana ilmu-ilmu yang didapat dari kunjungan industri berkaitan tentang kewirausaahaan yang berbasis IT, diharapkan menjadi bekal bagi para mahasiswa. Ucapnya.
Nur Aminudin menambahkan, kami berdoa dan mengingatkan kepada seluruh peserta kunjungan industri agar para mahasiswa bisa menjaga kesehatan, sehingga kembali ke Pringsewu dengan keadaan sehat wal afiat, Amin yra. (*na)


8.STMIK PRINGSEWU – Kompetisi Tentara Cyber Indonesia ke 4 digelar di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali, Denpasar melibatkan 150 tim cyber dari 32 perguruan tinggi seluruh Indonesia, sejak Kamis, 1 Oktober 2015.
Ke 32 perguruan tinggi yang ikut ambil bagian dalam kegiatan itu antara lain STMIK Pringsewu, Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Islam Indonesia, Universitas Telkom, Bina Nusantara (Binus) University, Universitas Paramadina, Universitas Surabaya, SGU University dan STMIK Amikom.STMIK Pringsewu mengirimkan team SPCA (STMIK Pringsewu Cyber Army) yang terdiri dari Mardiyanto, Mocca dan Rivandi yang didampingi M. Muslihudin, M.T.IKompetisi cyber terbesar di Indonesia itu digelar sejak tahun 2012, hingga kini memasuki tahun keempat yang digelar secara rutin setiap tahun.Untuk tahun 2015 ini STIKOM Bali menjadi tuan rumah. Sebelumnya digelar di beberapa kota besar di tanah air seperti Medan, Samarinda dan Makassar. Kompetisi tersebut bertujuan mencetak bibit bibit tentara cyber yang handal, nantinya dapat ditempatkan di berbagai bidang baik institusi Pemerintah maupun Swasta untuk memerangi kejahatan cyber. Para tentara cyber sangat diperlukan keberadaannya, melihat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

9.IBADAH QURBAN
STMIK PRINGSEWU – Jum’at (25/9), Yayasan Pendidikan Starteck dan Mahasiswa/i STMIK Pringsewu melakukan pemotongan hewan qurban di halaman Kampus STMIK Pringsewu. Qurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu agar sama-sama dapat merasakan kebahagian pada hari raya idul adha 1436 H.
Hikmah ibadah qurban tidak akan pernah hilang dimakan waktu. Dengan ibadah qurban tersebut dapat dijalin taqarrub ila Allah yaitu mendekat diri kepada Allah SWT.

10.WISUDA BERSAMA STMIK DAN PRINGSEWU


Setelah pelantikan/pengukuhan peserta yudisium oleh Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M selesai dilanjutkan sambutan olehKetua Yayasan Dr. H. Fauzi, beliau mengatakan, selamat kepada semua peserta yudisium kelulusan yang telah ditetapkan oleh Ketua STMIK Pringsewu yang baru saja dilakukan. Beliau berharap dengan menyandang lulusan STMIK Pringsewu hendaknya para lulusan berkomitmen untuk menjaga nama baik almamater tercinta, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan barrokah, ilmu bermanfaat serta menjadi lulusan yang berguna bagi keluarga, agama dan bangsa, bapak/ibu mahasiswa sudah banyak yang di korbankan apakah itu biaya yang seharusnya untuk adiknya di gunakan untuk menyelesaikan studi bapak/ibu, orang tua/saudara/istri/suami sudah banyak sekali pengorbanan buat keberhasilan bapak/ibu mahasiswa STMIK Pringsewu yang pada hari ini sudah melaksanakan yudisium, ucapnya.

Rentetan kampanye telah dimulai dari 15 – 22 Mei 2017, termasuk debat terbuka yang diselenggarakan pada 23 Mei 2017. Debat terbuka dihadiri oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STMIK Pringsewu Nur Aminudin, M.T.I sekaligus membuka acara debat, Bapak/Ibu Dosen STMIK Pringsewu. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 10 Juni 2017, rekapitulasi suara dan rapat pleno tanggal 12 Juni 2017.
STMIK PRINGSEWU – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu menggelar Wisuda Program Sarjana dan Diploma yang ke-15. Selain STMIK Pringsewu, digelar pula Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) PRINGSEWU ke-1.
Perhelatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan di halaman STMIK Pringsewu Kampus Gadingrejo, Sabtu (12/9). Perhelatan tersebut dihadiri Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, Ketua DPRD Ilyasa, Anggota DPRD, 3 Ketua MUI Kabupaten : Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Tengah, Polres, Kodim serta Uts. Mumuy Abdul Mukti yang merupakan juara 1 AKSI INDOSIAR 2015 sekaligus sebagai mahasiswa STIT Pringsewu.
Dalam wisuda kali ini STMIK Pringsewu telah meluluskan 433 wisudawan yang terdiri dari 347 wisudawan Sarjana Komputer dari Program Studi Sistem Informasi; 86 wisudawan Ahli Madya Komputer dari Program Studi Manajemen Informatika.
Sedangkan jumlah wisudawan dari STIT Pringsewu sebanyak 72 orang. Mereka merupakan Sarjana Pendidikan Islam dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Menurut Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M selama berkiprah di perguruan tinggi STMIK Pringsewu telah berusaha mendidik para mahasiswa untuk lulus menjadi sarjana/ahli madya yang berkarakter dan memiliki keterampilan, serta keahlian yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.
Selanjutnya dalam sambutan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Startech, H. Fauzi, S.E., S.Kom., Akt, CA, CSRSmengatakan, wisuda merupakan peristiwa bersejarah. Sejarah bagi mahasiswa yang telah dengan susah payah menyelesaikan studinya. Wisuda juga moment bersejarah bagi civitas akademika dalam menyempurnakan rangkaian kegiatan akademiknya. Menjadi sarjana maupun ahli madya adalah sebuah kebanggaan namun tanpa belajar dan usaha yang keras kebangaan itu terkesan kurang maksimal dan tidak bermakna, wisuda bukanlah penanda selesai dan berhentinya kegiatan belajar yang harus dilakukan. Masih ada jalan yang terbentang luas di depan sana, oleh karena itu tetaplah bermimpi karena Allah SWT akan memeluk mimpi saudara/i jika mau berusaha dan melangkah dengan mantap untuk masa depan yang penuh tantangan. Wisudawan diminta untuk terus mengembangkan diri. Belajar yang harus terus menerus kita lakukan meliputi tiga hal yaitu pencerdasan intelektualitas, emosionalitas, dan spiritualitas. Intelektualitas yang terus menerus secara baik dinilai akan menghasilkan daya pemahaman, analisis, dan kreativitas. Di sisi lain, emosionalitas yang terasah akan menghasilkan kemampuan mengelola diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Sementara, spiritualitas yang terasah dinilai akan menghasilkan karakter kepribadian yang peka terhadap nilai moral luhur.

11.STMIK PRINGSEWU JUARA II DI POLINELA CUP-X 2015
STMIK PRINGSEWU – Hasil pertaruangan final ganda putra POLINELA CUP-X 2015, Kejuaraan Bulutangkis Antar Mahasiswa Tingkat Nasional Kamis (10/9) bertempat di GSG POLINELA antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu yang diwakili oleh DUTRHEE GIGIH BELATMA/RIJALUL AKBAR melawan Universitas Trisakti yang diwakili oleh ARI JANUARI/FERRICO, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu harus puas menempati juara II dengan Universitas Trisakti yang menjadi juara I.

12.USAHA PAVING BLOCK RUMAHAN PAK "HARI CAHYONO" 
STMIK PRINGSEWU – Jum’at (25/8), Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso mendatangi usaha paving block rumahan milik Bapak Hari Cahyono yang berada di RT. 004 RW. 002 pekon Sukoyoso dengan tujuan untuk menggali potensi usaha yang dilakukan masyarakat pekon Sukoyoso selain untuk menjalin silaturrahmi.
Cara menjalani Usaha Rumahan Paving Blok yang dilakukan Pak Hari Cahyono membekali diri dengan berbagai ilmu dan juga pengetahuan tentang usaha tersebut, karena hal tersebut dapat menjadi salah satu pondasi dalam usaha tersebut yang akan di jalankan. Pak Hari Cahyono harus menentukan sebuah jenis Usaha Rumahan Paving Blok terbaru dengan cara memanfaatkan peluang usaha yang berada di sekitar kecamatan Sukoharjo khususnya dan Lampung pada umumnya.Ide Bisnis Paving Blok yang dilakukan Pak Hari ini menjadi alternatif yang menjanjikan, beliau serius terjun bergelut di dunia bisnis tersebut. Beliau menciptakan pekerjaan sesuai dengan yang di inginkan. Bukankah lebih baik jika dapat turut serta membuka kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, ucap pak Hari.

13.Selasa (22/8) telah dilaksanakan acara Yudisium/Pelepasan Sarjana Komputer dan Profesional A.Md STMIK Pringsewu yang dilaksanakan di Auditorium kampus STMIK Pringsewu pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.
Pada periode yudisium bulan Agustus ini STMIK Pringsewu meluluskan sebanyak 128 lulusan, yaitu jurusan Sistem Informasi meluluskan 125 Sarjana Komputer, Jurusan Manajemen Informatika meluluskan 3 Profesional A.Md yang didasari Surat Keputusan (SK) Ketua STMIK Pringsewu NOMOR 667/SK/STMIK.P/VIII/2017 TANGGAL 22 AGUSTUS 2017.
Upacara Yudisium Periode I tahun 2017 ini yang sudah memenuhi persyaratan secara akademik dan administratif. Upacara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan (Dr. H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA), Ketua STMIK Pringsewu (Hj. Rita Irviani, M.M), Wakil Ketua I (Elisabet Y.A, M.T.I), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Ketua Prodi Sistem Informasi (Tri Susilowati, M.T.I), Ketua Prodi Manajemen Informatika (Oktafianto, M.T.I), Ka. SDM (Dedi Irawan, M.E.Sy), Staf Pengajar dan Bagian pengajaran di lingkungan STMIK Pringsewu.
Acara yudisium ini diawali dengan pembacaan kalam Illahi oleh Cahya Ari Setiabudi mahasiswa STMIK Pringsewu dengan NPM. 14201055. Cahya Ari Setiabudi membacakan surat Ar Rahman surat yang ke 55 di Al-Qur’an, Sesuai dengan salah satu sifatNya, Allah SWT mempunyai sifat Ar-Rahman yang berarti maha pengasih. Allah SWT selalu mengurusi kebutuhan makhluk-makhlukNya. DIA tidak pandang bulu dalam memberikan kasihNya baik untuk orang muslim maupun orang kafir, semuanya Allah SWT kasih. Tatkala kasih sayang menyatu pada diri seseorang melainkan akan memperindah orang tersebut. Tatkala kasih sayang terlepas pada diri seseorang, tentu akan memperburuk dan menghinakan orang tersebut. Oleh sebab itu, sudah semestinya bila kita merindukan kasih sayang, perhatian, dan perlindungan Allah Swt. untuk selanjutnya meneladaninya dengan menjadikan diri kita penebar kasih sayang kepada sesama.
Setelah pembacaan kalam Illahi dengan penuh khidmat dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium oleh Wakil Ketua I dan selanjutnya pelantikan/pengukuhan peserta yudisium oleh Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M.
Dalam yudisium kelulusan ini terpancar rona kebahagiaan dari setiap mahasiswa STMIK Pringsewu yang mengikutinya, hal ini diarenakan betapa butuh perjuangan panjang yang harus dilalui untuk sampai ke tahap ini. Menjadi kebahagiaan tersendiri untuk semua mahasiswa.
Kami mengucapkan selamat kepada lulusan yang telah di yudisium, semoga kesuksesan ini menjadi langkah awal untuk kesuksesan di masa yang akan datang, Insya’Allah menjadi insan yang bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa, berilmu, maju dan sukses. Amin yra 
14.STMIK PRINGSEWU GELAR PERLOMBAAN HUT KE-72
Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Negara Kesatuan Republik Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika STMIK Pringsewu melaksanakan kemeriahan Hut Kemerdekaan Ke 72 RI di Kampus STMIK Pringsewu, mahasiswa merayakan HUT Kemerdekaan ke 72 RI dengan cara menggelar bermacam lomba yang diikuti oleh mahasiswa STMIK Pringsewu dari prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika, Senin (21/8)
Perlombaan yang digelar di halaman kampus, merupakan tahap dari serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, kegiatan perlombaan ini diharapakan dapat menjadi ajang silahturahmi antar mahasiswa.
Acara berlangsung penuh keakraban dan keceriaan. Tidak ada batas dan pembeda antara mahasiswa. Semua larut dalam suasana kemeriahan HUT RI. Selain itu juga agar perlombaan ini lebih menjaga kebersamaan dan juga diharapkan lomba ini menjadi refresing dan manfaatkan untuk bergembira bersama.

15.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU MENGIKUTI PENGAJIAN DAN PEMBACAAN ISTIGHOSAH BERSAMA DALAM RANGKA HUT RI KE-72

SUKOYOSO – Serangkaiaan acara dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-72 di Pekon Sukoyoso telah dilakukan, semalam (12/8) diadakan pengajian dan pembacaan istighosa di Masjid Syuhada Pekon Sukoyoso. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Jama’ah Masjid Syuhada Pekon Sukoyoso yang di ikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewudan mahasiswa-mahasiswi KKN UIN Lampung.
Kegiatan tersebut untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan, kegiatan tersebut sengaja digelar dengan tujuan mendoakan negara ini agar senantiasa selalu dilindungi Allah SWT, khususnya masyarakat pekon Sukoyoso agar selalu diberi keselamatan dan juga untuk mempererat tali silaturahim supaya persatuan dan kesatuan kita semunya tetap terjaga, gerakan keagamaan yang digelar dalam menyambut HUT RI ke-72 tersebut merupakan bentuk kecintaan masyarakat pekon Sukoyoso dan mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewu dan KKN UIN Lampung terhadap agama dan Tanah Air Indonesia.

16.MAHASISWA KKN STMIK PRINGSEWU KUNJUNGI GALERI HIJAU KWT
SUKOYOSO – Kamis (10/8), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso berkunjung ke galeri hijau Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam pemanfaatan lahan pekarangan menjadi taman yang produktif. Didalam galeri hijau terdapat berbagai macam tanaman seperti tanaman sawi, stroberi, daun bawang, tomat, dll.
Imam Samsudin selaku ketua kelompok yang didampingi anggotanya Nurzain, Royyan, Dian, Novi dan Anita mengatakan, kami Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso selalu berusaha untuk mengikuti kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat, ini salah satu cara kami untuk lebih mendekatkan diri dengan warga setempat walaupun sudah kenal, tidak ada salahnya agar kami lebih mengenal seperti halnya di pekon sendiri. Nantinya, pendekatan itu akan berguna dalam melaksanakan program-program yang telah dirancang sekaligus memahami kehidupan masyarakat secara lebih dalam di Pekon Sukoyoso disamping menambah ilmu buat kami yang belum pernah kami ketahui, ucapnya.
Ibu Tino selaku ketua Kelompok Wanita Tani pekon Sukoyoso yang didampingi oleh Bapak Ariadi mangatakan, pekarangan yang merupakan sebidang tanah di sekitar rumah baik bagian depan, samping maupun belakang di usahakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga. Dalam Pemanfaatan Pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga.
Pekarangan kita manfaatkan dengan menanami dengan tanaman yang dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jika ditata dengan baik akan memberikan lingkungan menarik, nyaman dan sehat serta menyenangkan dan membuat kita betah berlama-lama tinggal di rumah. Kelompok Wanita Tani Pekon Sukoyoso selalu berupaya memanfaatkan pekarangan secara konseptual dan dipelihara secara benar dan baik, Insya’Allah akan membawa keberkahan tersendiri, Amin yra.

17. .MAHASISWA KKN STMIK PRINGSEWU SILATURAHMI KE PAGUYUBAN KUDA KEPANG
SUKOYOSO – Mahasiswa KKN STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso Silaturrahmi dan ikut serta dalam latihan Paguyuban kuda kepang “Tri Tunggal Jaya” di kediaman bapak Asep dalam rangka mempersiapkan penampilan pada acara HUT RI ke-72 di Pekon sukoyoso. Silaturrahmi mahasiswa KKN STMIK Pringsewu dan ikut serta dalam latihan paguyuban kuda kepang “Tri Tunggal Jaya” pada hari Selasa 8 Agustus 2017 jam 20.00 WIB s/d selesai.
Mbah Mujiono selaku sesepuh dalam sambutannya mengharapkan kapada mahasiswa KKN STMIK Pringsewu, dengan adanya KKN ini diharapkan akan menambah kemajuan dan perkembangan paguyuban kuda kepang “tri tunggal jaya” pekon Sukoyoso agar tetap hidup dan dikenal oleh masyarakat luas.
Kuda Kepang “Tri Tunggal Jaya” pekon Sukoyoso merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa yang menggambarkan sekelompok prajurit penunggang kuda. Kuda yang di gunakan dalam tarian ini bukanlah kuda sungguhan, namun kuda yang terbuat dari bambu yang di anyam dan dibentuk dan dihias menyerupai kuda. Tarian ini sangat populer di masyarakat Jawa, hal ini kita lestarikan untuk kesenian kuda lumping di pekon Sukoyoso, ucapnya.
Selain Kuda Kepang, tarian ini juga sering di sebut Jaran kepang karena bentuk dari kuda yang di hiasi dengan rambut tiruan terbuat dari tali plastik dan di hias dengan cara di kepang. Selain menyuguhkan gerak tari,
Sementara Bapak Mujiyat selaku kadus 2 juga mengharapakan dengan dibuatnya Sistem Informasi Pekon oleh mahasiswa KKN STMIK Pringsewu, paguyuban ini dapat dipromosikan melalui website agar citra dan nama paguyuban kuda kepang “tri tunggal jaya” dikenal oleh masyarkat diluar pekon Sukoyoso bahkan diluar kabupaten pringsewu.

18.KEBERSAMAAN

STMIK PRINGSEWU – Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan civitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengabdian tersebut dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan sesuai bidang akademik, keahlian, dan kondisi sosial budaya masyarakat.
Adanya KKN STMIK Pringsewu yang merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat merubah pola yang lebih cerdas dan maju, yaitu dari bekerja untuk masyarakat (Working For Community) menjadi bekerja bersama dengan masyarakat (Working With Community). Dengan pola partisipatif tersebut mahasiswa bersama masyarakat dapat melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program dengan sebaik-baiknya, dan dengan semangat kebersamaan ini, keberadaan masyarakat mampu diposisikan sebagai pembelajar yang lebih aktif.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewu merupakan kegiatan integral dari proses pendidikan tinggi dalam bentuk kegiatan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Selain itu Pelaksanaan KKN STMIK Pringsewu dilakukan dalam masyarakat luar kampus sebagai bentuk dharma bakti aktivitas keilmuan (hard skills) dan non keilmuan (soft skills) mahasiswa STMIK Pringsewu kepada masyarakat, dengan melakukan serangkaian kegiatan yang berkorelasi langsung dengan kebutuhan masyarakat. KKN STMIK Pringsewu yang dilakukan di luar kampus memiliki maksud untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan IPTEK.
Dalam hal tersebut, mahasiswa – mahasiswi yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Sukoharjo IV (perguruan tinggi STMIK Pringsewu dan Universitas Islam Negeri Lampung), disaat hidup dalam masyarakat yang berbeda-beda suku, agama dan tradisi adalah menjalin indahnya kebersamaan dalam perbedaan, menjalin silaturrahmi satu dengan lainnya, bersatu padu untuk mewujudkan program-program kerja masing-masing di Pekon Sukoharjo IV, Jum’at 28 Juli 2017 Jam 19.30 WIB s/d selesai bertempat di Balai Pekon Sukoharjo IV.

19. RPMBONGAN KKN MAHASISWA STMIK PRINGSEWU
PRINGSEWU – Berbekal satu tas ransel dan motor yang udah diisi full tank, rombongan Mahasiswa KKN STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo langsung menuju lokasi setelah pelepasan oleh Bupati Pringsewu H. Sujadi.
Alhamdulillah nyampe juga di posko Kuliah Kerja Nyata di Pekon Sukoyoso yang langsung disambut baik oleh Kepala Pekon Sukoyoso Bapak Muhaimin. Dalam bincang-bincang dengan kepala pekon, sangat memgaspirasi kedatangan kami mahasiswa KKN STMIK Pringsewu dalam implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.
Kepala Pekon Sukoyoso bapak Muhaimin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Insya’Allah nanti malam Rabu (26/7) jam 19.30 WIB kita adakan pertemuan dengan seluruh jajaran aparatur pekon Sukoyoso dan para pemuda di Balai Pekon yang merupakan ajang silaturrahmi biar saling mengenal.

20. DEBAT PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEB MAHASISWA STMIK PRINGSEWU

STMIK PRINGSEWU – Selasa (23/5), untuk menumbuhkan semangat demokrasi dan mengembangkan jiwa kepemimpinan di kalangan mahasiswa STMIK Pringsewu, Pemilihan Raya Presiden Mahasiswa menjadi agenda penting untuk dilakukan setiap tahunnya.
Khusus tahun ini, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa STMIK Pringsewu kembali digelar untuk mendapatkan Presiden Mahasiswa STMIK Pringsewu. Sejumlah perbaikan dari penyelenggaraan tahun lalu dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) STMIK Pringsewu yang diketuai oleh Deni Siswanto, yang dibawah pembinaan langsung Wakil Ketua III STMIK Pringsewu Nur Aminudin, M.T.I.
Setelah dibuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, terjaring dua kandidat yakni kandidat nomor 1 Prianti Dewi Anggreni – Gilbert Alexander, kandidat nomor 2 Miftahus Surur – Lailaturrohmah
Dalam sambutannya, Wakil Ketua III Nur Aminudin, M.T.Imengatakan, diharapkan debat terbuka yang diselenggarakan bisa menghasilkan pemimpin mahasiswa yang berkualitas yang bisa menjadi panutan bagi para mahasiswa STMIK Pringsewu.
Beliau menegaskan, bahwa dilaksanakannya kegiatan debat kandidat tersebut merupakan suatu langkah yang sangat positif salah satunya untuk dapat melihat kapasitas yang dimiliki oleh masing masing calon pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden BEM STMIK Pringsewu. Dengan adanya kegiatan debat kandidat ini, nanti kita bisa melihat kapasitas para calon Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Pringsewu yang akan dipilih nantinya, ucapnya.
Selain itu, diharapkan nantinya dari kedua kandidat yang terpilih memiliki visi, misi, dan program kerja yang turut mendukung visi dan misi STMIK Pringsewu. “Jangan sampai Ketua BEM nanti yang terpilih tidak memiliki kegiatan yang jelas, dan saya mengapresiasi bahwa penyelenggaraan Debat Terbuka tahun ini jauh lebih baik,” katanya disambut riuh tepuk tangan.
Pada pelaksanaannya para calon Presiden dan calon wakil Presiden BEM STMIK Pringsewu dipersilahkan untuk memaparkan visi dan misi mereka masing-masing untuk dijadikan salah satu pembahasan dalam debat kandidat tersebut. Seperti memaparkan terkait program-program yang akan dilaksanakan nantinya agar bisa memiliki manfaat yang positif bagi mahasiswa yang ada di STMIK Pringsewu salah satunya yaitu lebih memaksimalkan peran lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkup STMIK Pringsewu.
Debat terbuka sendiri berjalan dengan lancar dan kondusif. Suasana semakin bergemuruh ketika sesi tanya-jawab antar pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Pringsewu. Selain itu, tanya-jawab dari audiens yang hadir pun tidak kalah meriah. Masing-masing pendukung paslon hadir.


10 berita tentang teknologi:

1.BOS INDOFOOD RAMAL DISTRIBUTOR BAKAL LENYAP TERGILAS TEKNOLOGI
Liputan6.com, Jakarta - Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), Franciscus Welirang meramal distributor maupun grosir atau agen perdagangan bakal hilang tersapu perkembangan teknologi ke depan. Untuk tetap bertahan, perantara dagang ini perlu mengantisipasi arus perubahan tersebut.
"Kami membaca usaha apa sih yang akan hilang? Perdagangan. Apa yang terjadi dengan distributor dan grosir? Pasti ada distruptif (gangguan)," kata Fransiscus atau akrab disapa Franky saat acara Peringatan Hari Statistik Nasional di kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2017).
Dia menilai, keberadaan grosir dan distributor yang selama ini menjadi perantara dagang antara produsen dan konsumen itu akan hilang. Sementara industri dan warung-warung kelontong yang menjual sembako dan barang lainnya tetap akan ada.
"Industri akan tetap ada, warung pun demikian. Di tengahnya ini (distributor dan grosir) terjadi distruptif karena perkembangan teknologi dan kemajuan infrastruktur," ujar Franky.
Franky menuturkan, distributor maupun grosir yang akan bertahan di tengah deru teknologi adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan perkembangan ini.
"Kalau tidak berubah jadi logistik, mereka (agen) akan hilang. Jadi ada usaha yang akan hilang besok atau lusa, kalau usaha itu tidak menyesuaikan diri dengan tuntutan ke depan," ujar dia.
Di Indofood, Ia menuturkan, ikut berubah seiring kemajuan teknologi. "Kami harus membaca platform ke depan. Artinya ada perubahan, tidak bisa seperti dulu. Kami harus berubah, berubah budayanya. Itu memang tidak mudah, dan ini tantangan kami," ujar Franky.

2. MOBIL KELAPA SAWIT BUATAN INDONESIA UNJUK DIRI DI GILAS 2017

 Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 menjadi tempat adu teknologi sejumlah pabrikan otomotif dunia. Dalam pameran tersebut, setidaknya terdapat 32 Agen Pemegang Merek (APM) yang terdiri dari passanger dan comercial car, serta 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM.
Acara otomotif tahunan yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition di Tangerang, Provinsi Banten selama 10-20 Agustus 2017 itu juga diiikuti PT Astra International Tbk melalui anak perusahaannya PT Astra Otoparts Tbk.
Ya, perusahaan ini menampilkan alat angkut serbaguna bernama Wintor yang digadang-gadang kandungan komponen lokalnya mencapai 86 persen.
“Saat ini Wintor telah digunakan sebagai alat angkut kelapa sawit di berbagai perusahaan perkebunan sawit di Indonesia,” ungkap PT Astra Otoparts Tbk dalam keterangan tertulis, Selasa (15/8/2017).
Bentuk Wintor yang dipajang di GIIAS 2017 memang tak biasa. Namun demikian Wintor ternyata siap go internasional dengan terlebih dulu membidik pasar Malaysia.
Di negeri Jiran, perkebunan kelapa sawit cukup menggoda. Sebab, Malaysia menjadi negara terluas kedua di dunia untuk sektor kelapa sawait setelah Indonesia.




3.Banyak Serangan Cyber, Telkomsel Gandeng BlackBerry
Achmad Rouzni Noor II - detikInet

Jakarta - Telkomsel menggandeng BlackBerry untuk menghadirkan sebuah solusi keamanan gadget pelanggan korporat, yang diberi nama Enterprise Mobility Suites (EMS).
Solusi ini dibuat untuk pelanggan korporat yang membutuhkan pengamanan untuk berbagai gadget pegawainya. Tujuannya agar segala data perusahaan yang ada di dalam perangkat bisa diakses dengan aman.
"Dengan semakin banyaknya kejadian cyber attack yang terjadi, ditambah fenomena BYOD/L yang terus meningkat, maka kami melihat kebutuhan korporasi akan keamanan digital di era mobilitas ini menjadi tidak terelakkan lagi," terang VP Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, Arief Pradetya, Sabtu (30/9/2017).

4. Mozilla Rilis Browser Terbaru Firefox Quantum
Muhamad Imron Rosyadi - detikInet

Jakarta - Google Chrome menguasai pasar untuk perangkat desktop maupun mobile meninggalkan para pesaingnya, Microsoft Edge hingga Opera. Kini, Mozilla berusaha mendobrak dominasi Chrome melalui versi terbaru browser mereka yaitu Firefox Quantum.
Firefox Quantum menghadirkan perbedaan dari seluruh aspek, baik dari logo, penampilan, hingga performa yang ditawarkan, yang tentunya mengarah pada modern seperti saat ini.
Desain terbaru yang ditampilkan oleh Firefox Quantum merupakan hasil dari Photon Project, sebuah riset mendalam mengenai apa yang masyarakat inginkan dan harapkan terhadap sebuah browser.

5.Techno BisnisCanggih! Warga Polandia Bakal Bisa Akses KTP via ponsel.

JAKARTA - Berkat kemajuan teknologi, digitalisasi memang tak bisa dipungkiri. Menariknya, demi mempermudah warganya, pemerintah Polandia memungkinkan warganya untuk mengakses kartu identitas (KTP) dari ponsel mereka.
Tahun depan, menurut Menteri Digital Anna Strezynska, warga Polandia bisa membawa KTP versi elektronik yang bisa diakses dari telefon seluler.
Warga Polandia, yang jumlahnya sebanyak 38 juta itu nantinya bisa menyimpan KTP mereka di cloud dan bisa mengeluarkan dokumen di telefon seluler mereka menggunakan kode yang diterima melalui pesan teks.
Sistem baru itu akan dilucurkan secara bertahap, dimulai dengan kalangan anak muda. Menurut Strezynska, versi ponsel dari surat izin mengemudi, dokumen pendaftaran kendaraan, kartu pelajar, dan dokumen lainnya akan menyusul.
Juru bicara Kementerian Digital Karol Manys mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa sistem serupa sudah ada di beberapa negara anggota Uni Eropa lainnya termasuk Austria dan Estonia.

6.Techno BisnisMantap! Twitter Klaim Blokir 200 Akun yang Sebar Propaganda

JAKARTA - Twitter mengumumkan bahwa mereka telah menemukan adanya aksi propaganda dari 200 akun. Akun-akun tersebut dikatakan Twitter, memiliki hubungan dengan negara Rusia.
Laporan ini berkaitan dengan adanya tekanan dari Kongres Amerika Serikat kepada pemilik media sosial. Sebelumnya, Facebook juga telah mengungkap adanya iklan propaganda yang bersumber dari Rusia.
Dikutip dari The Verge, Jumat (29/9/2017), Twitter menemukan 179 akun dan 22 akun yang berkaitan dengan iklan di Facebook. Mereka mengkalim telah dan akan memblokir akun-akun tersebut yang biasanya melanggar aturan soal spamming.
Sayangya Twitter tak merinci aktivitas yang dilakukan oleh akun-akun tersebut dan hanya mengungkap bahwa mereka tengah memerangi isu-isu dalam Trending Topics yang dianggap sebagai spam.
Perusahaan mengungkap bahwa terdapat layanan berita bernama Rusia Today yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Kremlin. Twitter mengatakan bahwa organisasi tersebut telah beriklan sebesar USD274.000 pada 2016.
Sedikitnya, layanan berita tersebut telah mempromosikan 1.800 tweet yang kemungkinan diarahkan ke Amerika Serikat.
Dalam beberapa bulan mendatang, Twitter berencana untuk memperkenalkan cara baru dalam mendeteksi aktivitas berbahaya di layanannya. Namun sayangnya, perusahaan tak secara jelas cara seperti apa yang dimaksudnya.

7.Microsoft Luncurkan Xbox One S Edisi Custom Paul Walker

Aktor Vin Diesel menunjukkan penampakan Xbox One S custom Paul Walker
Danang Setiaji – Microsoft belum lama ini memperlihatkan penampakan Xbox One S custom yang ditujukan untuk menghormati almarhum Paul Walker, bintang film The Fast and Furious. Konsol custom ini didesain dengan warna hijau terang dan biru. Warna tersebut dipilih dari mobil pertama yang dikemudikan Walker pada film The Fast and Furious yang muncul pada opening scene, dan balapan pertamanya dengan Vin Diesel dalam film tersebut.

Konsol ini ditandatangani oleh teman-teman Walker seperti Vin Diesel, Tyrese Gibson, Cody Walker, saudara Paul Walker, dan lainnya. Konsol ini akan ditawarkan pada 1 Oktober 2017 dalam acara amal bertajuk Game4Paul yang diselenggarakan oleh Microsoft dan Reach Out Worldwide (ROWW). Adapun Walker meninggal dunia pada usia 40 tahun dalam sebuah insiden kecelakaan mobil pada November 2013.

8.Dispenser Sanken Duo Galon inovasi teknologi terbaru
Jumat, 8 September 2017 02:56 WIB - 2.955

Jakarta (ANTARA News) - Dispenser Duo Galon dari Sanken yang diproduksi beberapa waktu lalu yang merupakan dispenser pertama di Indonesia dengan model tampung dua galon ini meraih penghargaan dari Super Brand 2017 baru-baru ini.
Super Brand sebagai pemberi anugerah berasal dari Inggris ini mengaku memperoleh data dari lembaga survey Nielsen atas kehandalan produk tersebut. Bahkan, bisa dikatakan produk ini memimpin pasar dispenser di Indonesia.
Teddy Tjan, Direktur Marketing Sanken dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil survey dari Nielsen melalui beberapa riset. Di antaranya, ditinjau dari segi penjualan, servis, kualitas, harga, dan value for money.
"Diterima anugerah ini sebenarnya bisa dikatakan satu kebanggan berikut satu tanggung jawab terhadap masyarakat. Bagaimana tidak? Menerima penghargaan dari Super Brand ini cukup lah satu kebanggaan yang tak bisa dilupakan. Namun, berikutnya kami harus lebih memperhatikan kualitas produk dispenser duo galon ini ke depannya harus meningkat pangsa pasarnya," ujar Teddy.
Dispenser Sanken Duo Galon merupakan inovasi teknologi terbaru di dunia, sebab mengandalkan kemudahan bagi penggunanya. Sistem duo galon ini memposisikan satu galon berada di atas dan satu galon berada di bawah.
Hal ini merupakan terobosan Sanken untuk memudahkan penggunanya saat mengganti galon yang isinya mulai kosong dan tak perlu susah mengangkat galon berisi air dengan tenaga ekstra.
Tekologi inovasi duo galon dikembangkan oleh team insinyur Jepang bekerjasama dengan insinyur putra- putri anak bangsa Indonesia.
Tak seperti dispenser yang menggunakan satu galon yang berada di bawah, hal ini beresiko jika listrik padam maka dispenser tak akan bekerja mensupport air minum dikarenakan pompa kapiler mati tanpa adanya sokongan energi listrik. Namun berbeda jika dispenser duo galon mengalami hal sama, maka galon yang berada di atas tetap mampu mensupport air minum kendati listrik padam.
Teddy menambahkan, dispenser memang salah satu produk Sanken yang cukup menyumbang revenue tertinggi. Hingga kini, dispenser Sanken sudah berkontribusi sekitar 25 persen dari penjualan semua produk Sanken.
Untuk kadar TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), lanjut Teddy, produk dispenser Sanken sudah mencapai 70 persen di tahun ini kendati di tahun sebelumnya masih berkadar 60 persen.
"Dispenser Sanken Duo Galon ini merupakan produk dalam negeri, dan satu-satunya di dunia. Dan saat ini sudah diakui oleh kancah internasional bahwa Dispenser Sanken Duo Galon mampu bersaing dengan produk-produk global," tegas Teddy.
Sementara itu, Eric Tirtajasa, Direktur Produksi Sanken saat dikonfirmasi menyatakan, untuk dispenser standing masih cukup bagus respon pasarnya. Dan dispenser yang baru ini nanti akan ada tambahan fitur baru dan yang terpenting adalah higenis sebab berurusan dengan air yang sehat.
"Untuk total produksi rata-rata mampu mencapai 700 set per shift untuk dispenser duo galon tersebut. Dan kami selalu berharap akan terus ada peningkatan produksi di setiap tahun. Hingga akhir tahun ini, kita genjot produksi dan sekaligus kita akan produksi type terbaru dan bakal dilaunching sekitar akhir tahun ini," papar Eric.

9.Jadi yang Pertama Di Dunia, Vivo Perkenalkan Teknologi Under Display Fingerprint Berita MenarikHardwarePonselPonsel Menarik by Reza Hendrawan - Jul 1, 2017 

Selama beberapa bulan terakhir, teknologi under display fingerprint berhasil menjadi topik yang sering diperbincangkan, meskipun teknologi tersebut belum benar-benar hadir di dunia. Samsung dan Apple adalah nama-nama besar yang digadang-gadang bakal menghadirkan teknologi tersebut. Sementara saat ini Samsung masih kewalahan menghadirkan teknologi tersebut, Apple dijadwalkan mengungkapkan teknologi tersebut pada iPhone 8 miliknya yang akan meluncur bulan September mendatang. Namun Vivo secara mengejutkan telah mengambil langkah untuk mendahului Samsung dan Apple. Dengan menggandeng Qualcomm, Vivo menjadi salah satu brand smartphone pertama di dunia yang mengenalkan teknologi sidik jari biometrik under-display berbasis ultrasonik. Teknologi Vivo Under Display Fingerprint Scanning Solution atau disebut juga Vivo Under Display telah diresmikan di Mobile World Congress Shanghai 2017. Tentu ini menjadi teknologi fingerprint tercanggih saat ini karena memiliki kemampuan penetrasi ultrasound yang tinggi. Berbasis Sensor Fingerprint Qualcomm yang telah diluncurkan baru-baru ini, sensor ini dapat ditempatkan di bawah kaca (0.8mm), layar OLED (1.2mm) dan cover aluminium (0.525mm). Ya, mesikipun tidak terlihat oleh mata, namun ia berfungsi secara penuh. Dibandingkan dengan teknologi pengenalan sidik jari dan optik tradisional yang ditemui pada industri saat ini, Vivo Under Display lebih akurat dalam membaca sidik jari, bahkan dalam kondisi basah atau dalam kondisi lainnya.

10.Dell Hadirkan Laptop Pertama Di Dunia yang Memiliki Dukungan Wireless        Charging HardwareLaptopTablet by Reza Hendrawan - Jul 12, 2017

Dell baru saja menjual jajaran laptop 2-in-1 terbaru miliknya. Namun produk paling menarik dari Dell tentu saja laptop 2-in-1 pertama di dunia yang mendukung wireless charging, yakni Dell Latitude 7285. Ya, Anda hanya perlu menambah biaya sebesar $550 (Rp7,3 jutaan) untuk mendapatkan aksesori keyboard wireless charging 7285 dan charging mat yang menyertainya. Tentu ini laptop 2-in-1 ini terbilang sangat mahal, dimana Anda harus mengeluarkan dana $1200 atau seharga Rp16 jutaan. Meskipun tablet itu sendiri tidak benar-benar mengisi daya secara wireless, Anda harus memasang docking 2-in-1 ke keyboard yang kompatibel dengan wireless. Selain itu, Dell mengatakan bahwa bantalan pengisian tidak dirancang untuk digunakan pada permukaan logam. Sebenarnya, jika Anda ingin menggunakan laptop ini di permukaan logam, Anda harus menggunakan stand non-logam yang akan menaikkan alas paling sedikit 50mm. Mungkin wireless charging bukan metode pengisian yang paling praktis (atau hemat biaya) pada laptop 2-in-1 Dell Latitude 7285. Dell Latitude 7285 dibanderol mulai dari $ 1200 dengan penyimpanan internal Core-i5-7Y54 dan 128GB. RAM 8GB dan layar 12 inci benar-benar mendorong spesifikasi entry level. Lihat Source 1 untuk siaran pers atau Source 2 untuk situs produk Dell.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAHASISWA STMIK PRINGSEWU SAMBANGI SKH KEDAULATAN RAKYAT Written by admin | September 11, 2017 | 0 SKH-1

WISUDA BERSAMA STMIK DAN PRINGSEWU

STMIK PRINGSEWU GELAR POSDIKTI 2017 GELOMBANG 1 Written by admin | August 11, 2017 | 0 DSC_0104